Cara Megunci dan Menyembunyikan Rumus di Microsoft Excel



Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Apakabar sobat semua?

Dalam hal ini saya terangkan, bahwa saya mempraktekkan tutorial ini di microsoft excel 2010.

Dan artikel ini saya tulis karena berdasarkan pengalaman saya sendiri, ya itu saya masih ingat persis, saat adik saya meminjam dan memainkan laptop bobbrok milik saya, apa yang terjadi? dia menghapus rumus - rumus dan uraian pembukuan saya, yang baru saja selesai saya kerjakan.

Dan saat itu saya setres banget, karna apa? jika saja filenya yang dia hapus, saya masih bisa mencari dan memulihkannya dari Recyle Bin, lah ini hanya rumus dan data di dalamnya saja.

Karna itu saya yakin banget, sobat semua engga' mau hal ini terjadi pada file kerja sobatkan?

maka dari itu dalam kesempatan ini saya ingin membagikan, tutorial atau cara mengunci dan menyembunyikan rumus atau data di file Microsoft Excel.

baiklah kalo begitu kita langsung aja ya?

pertama - tama silahkan sobat semua buka microsft excel atau file kerja sobat biar bisa sambil di praktekkan langsung.

Dan kalo sudah terbuka kita mulai dari ;


  • Perhatikan tanda merah pada gambar!


Bagi yang membuka file baru silahkan buat tabel seperti ini ;


Setelah tabel di buat atau file kerja anda terbuka, silahkan anda klik pada keyboard "CTRL + A" secara bersamaan, pilih menu hoom > format > loct cell.


Selajutnya tentukan cell atau kolom yang ingin sobat kunci dan sembunyikan, bisa dengan cara membloknya secara manual, atau kalo kaga mau repot, karna mungkin rumus - rumusnya terlalu banyak dan letaknya tida' beraturan silahkan ikuti cara saya ini.
Pada menu hoom > find & select >  Go To Special.... di jendela baru, beri tanda pada menu "formulas" dan klik oke atau enter.



Nah sekarang semua cell atau kolom yang terdapat rumusnya terblok secara otomatis, lalu kembali ke menu hoom > format > format cells...., di jendela baru pilih menu "protection", lalu aktifkan (ceklis) kolom "Locked" dan "Hidden" klik ok atau enter.


Kemudian kembali lagi kemenu hoom > protect sheet.... > lalu di jendela baru, isikan pasword, klik oke atau enter, lanjut dengan verifikasi, ketikkan ulang pasword dan klik oke atau enter.


Dan selesai silahkan di praktekkan, apakah berfungsi apa engga', kalo berfungsi selamat anda berhasil, kalo engga' coba sobat perhatikan lagi apa ada bagian - bagian di atas yang terlewatkan.

Saya rasa cukup sekian yang bisa saya sampaikan kali ini, terima kasih atas kunjungan sobat, dalam kesempatan selanjutnya mungkin saya akan membagikan/memposting tutorial atau cara membuat aplikasi kasir atau aplikasi pembukuan keuangan sederhana dengan microsoft excel.

mohon maaf jika ada salah kata atau kekurangan dalam pengetikan, saya akhiri, Wabillahi Taufiq Walhidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Aplikasi Kasir Dengan Microsoft Excel

Cara Membuat Menu Utama dan Form Login di Vb.Net 2010 - 2019

Membuat Form Login dengan hak akses di Vb.Net 2010 – 2019

Belajar Memulai Pembuatan Aplikasi Berbasis DataBase Access di Vb.Net 2010 - 2019

Rumus Terbilang di Excel

Cara Mendapatkan Kuota Geratis Telkomsel

BG-100DH Baterai Grip For Canon Eos 100D

Cara mendapatkan paket termurah telkomsel