Cara Membuat Aplikasi Kasir Dengan Microsoft Excel


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Apa kabar sobat semua?
Semoga sehat dan selalu di dalam lindungan Allah.SWT Amin.

Dalam kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan bahwa saya ingin menepati janji saya, ya itu membagikan post tentang tutorial atau cara membuat aplikasi kasir sederhana di microsoft excel.

Pertama - tama saya jelaskan bahwa dalam tutorial ini kita juga tidak hanya membuat aplikasi kasir, tapi juga sekalian membuat aplikasi pembukuan gudang lo sobat, nah dalam membuat aplikasi ini kita setidaknya membutuhkan atau menggunakan 3 jenis fungsi yakni ;
1. IF
2. SUMIF
3. VLOOKUP

Dan ada 2 bagian pekerjaan yakni:
1. Persiapan
1.1 GUDANG
1.2 NOTA
2. Pengisian Formula dan Fungsi ;
2.1 GUDANG
2.2 NOTA
2.3 Stok Gudang

Nah dalam mempermudah sobat untuk memahami dan mengembangkan aplikasi ini, karena dalam post ini saya hanya membahas dasarnya saja dan masih bisa di kembangkan jauh lebih luas lagiya sobat, maka dari itu saya sangat menyarankan, agar sobat membaca juga post saya yang berjudul rincian pengertian formula dan fungsi microsoft excel di sini dan juga membaca post saya yang berjudul memahami bagian - bagian terpenting microsof excel di sini.

Baiklah langsung saja.

Perhatian ! Baca dengan teliti dan cermat serta ikuti semua arahannya, jika tidak mau gagal atau mengulang dari awal.

Bagian Pertama Persiapan :

1.1 GUDANG:
     Silahkan sobat buka Software Microsoft Excel di PC atau Laptop sobat, lalu pergi ke "Sheet 2", dan ganti nama sheet2 menjadi "GUDANG", bener - bener di buat ya biar sobat bisa cepat lo mempelajari dan memahaminya.

Terus pada Sheet Gudang buatlah table barang seperti gambar ini :

Gambar 1.1

1.2 NOTA :
       Setelah itu kembali ke "Sheet 1" dan ganti nama sheet1 dengan nama "NOTA" juga ganti jenis font nya dengan "Dotrice". Kenapa harus dotrice? karena font ini identik dengan nota di toko-toko kan, kalo belum punya jenis font ini silahkan download disini.
Pasword.rar :
lalu instal/tambahkan font ini ke Sofware Microsoft sobat, sudah tau dong cara menambah jenis font di microsoft? kalo belum tau baca caranya di sini.

Setelah mengganti jenis font di sheet Nota dengan dotric, silahkan sobat buat table Nota seperti gambar di bawah :

Gambar 1.2

Oke berati dengan ini semua bagian persiapan sudah selesai.

Selanjutnya bagian kedua :

2.1 Pengisian Formula dan Fungsi Gudang :
   Silahkan sobat pergi lagi ke sheet Gudang kemudian silahkan copy formula/fungsi berikut ini satu persatu, dengan peletakan formula dan fungsinya sebagai berikut :


(Pastekan di "Cell F2")


(Pastekan di "Cell G2")

Lalu blok dan copy semua formula/fungsi pada "Cell F2 - Cell G2" lalu pastekan ke cell dibawahnya (Sampe Ujung Table Barang).

Gambar 2.1

Pengisian formula dan fungsi gudang sudah selesai.

2.2 Pembuatan Formula dan Fungsi Nota :
    Silahkan sobat pergi lagi ke sheet Nota kemudian silahkan copy formula/fungsi beriku ini satu persatu, dengan peletakan formula dan fungsinya sebagai berikut :


(Pastekan di "Cell B4")


(Pastekan di "Cell C4")


(Pastekan di "Cell E4")


(Pastekan di "Cell E15")

Lalu blok dan copy formula/fungsi pada "Cell B4 - Cell E4", lalu pastekan ke cell dibawahnya (hingga ujung isi nota/di atas Total Rp.)

2.3 Pembuatan Rumus dan Formula Stok Barang di Gudang :
     Sekarang kita buat bocoran jumlah stok barang di gudang pada nota, dengan cara copy formula/fungsi di bawah ini satu persatu dengan peletakan rumus dan formulanya sebagai berikut :


(Pastekan di "Cell G4")


(Pastekan di "Cell H4")

Lalu blok dan copy formula/fungsi pada "CellG4 - CellH4", lalu pastekan ke cell dibawahnya (hingga sejajar ujung isi nota/di atas Total Rp.).
Nah sekarang kelihatan kan jumlah stok barang di gudang.

Gambar 2.2 dan 2.3

Okke semua aplikasi siap kita coba praktekkan, dengan cara, isikan code jenis barang sesuai yang terdapat pada Sheet gudang ke row "Code Barang" dan isi jumlah satuan barang di row "Satuan Unit" kalo berhasil selamat sobat kamu berhasil membuat aplikasi mu sendiri "Kasi Tepuk Tangan Dulu", kalo belum coba sobat baca lagi post ini dari awal mungkin ada yang ketinggalan.

nah bagi yang sudah bisa/jika sudah bisa di gunakan silahkan sobat kunci dan sembunyikan formula dan fungsinya sobat, untuk menghindari, kesalahan kecil kita seperti mengetik code jenis barang di bagian yang terdapat formula/fungsinya hingga aplikasi jadi eror dan kita harus membuat rumus lagi di depan umum, walau sebenarnya mengatasinya cukup dengan menekan tombol "Ctrl + Z" he he he, tapikan menjaga lebih baik daripada memperbaiki?terus sudah pada tau dong cara mengunci dan menyembunyikan isi cell di microsoft excel? kalo belum silahkan baca tutorialnya disini.

Baiklah saya rasa cukup sekian postingan saya kali ini, mohon maaf jika ada salah kata atau kekurangan dalam pengetikan, saya ingatkan di kesempatan yang akan datang mungkin saya akan membagikan post yang jauh lebih rumit dari ini, ya itu sesuai janji saya kemarin yakni, "Tutorial atau cara membuat aplikasi pembukuan keuangan sederhana di Microsoft Excel", dan dengan berat hati tapi harus, karena saya juga sudah kehabisan kata - kata, saya akhiri dengan, Wabillahi Taufiq Walhidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....


Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Menu Utama dan Form Login di Vb.Net 2010 - 2019

Membuat Form Login dengan hak akses di Vb.Net 2010 – 2019

Belajar Memulai Pembuatan Aplikasi Berbasis DataBase Access di Vb.Net 2010 - 2019

Cara Megunci dan Menyembunyikan Rumus di Microsoft Excel

Rumus Terbilang di Excel

Cara Mendapatkan Kuota Geratis Telkomsel

BG-100DH Baterai Grip For Canon Eos 100D

Cara mendapatkan paket termurah telkomsel